Kompas TV regional jawa timur

Wanita Lansia di Situbondo Tewas dalam Kebakaran Lahan, Polisi Sebut Api Berkobar akibat Cuaca Panas

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 16:05 WIB
wanita-lansia-di-situbondo-tewas-dalam-kebakaran-lahan-polisi-sebut-api-berkobar-akibat-cuaca-panas
Evakuasi jenazah wanita lanjut usia di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Maryani (75) yang meninggal dunia saat terjadi kebakaran lahan, Senin (14/8/2023). (Sumber: Istimewa via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

SITUBONDO, KOMPAS.TV - Seorang wanita lanjut usia di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Maryani (75) meninggal dunia saat terjadi kebakaran lahan, Senin (14/8/2023).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sumbermalang Iptu Suratman menyebut, peristiwa kebakaran yang mengakibatkan warga Dusun Karanganyar, Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang meninggal dunia itu terjadi akibat cuaca panas.

Suratman memastikan bahwa kobaran api yang membakar lahan milik korban bukan karena ulah manusia, melainkan karena proses alami, yakni cuaca panas.

"Tidak ada yang bakar-bakar sampah, kebakaran lahan karena cuaca panas yang membuat lahan milik korban terbakar," kata Iptu Suratman kepada Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Pemicu Kebakaran halte Transjakarta di Tendean Akan Diperiksa Tim Labfor Mabes Polri

Dijelaskan, saat peristiwa terjadi,  korban bermaksud menyusul suaminya untuk mematikan api yang membakar lahan milik mereka di tepi hutan Gunung Argopuro.

Namun saat tiba di lokasi, korban tidak menemukan suaminya. Diduga, korban memutuskan untuk membantu memadamkan kobaran api dengan alat seadanya.

"Mungkin ketika mematikan api itu korban terlalu banyak mengirup asap dan membuatnya pingsan lalu jatuh," katanya.


Berdasarkan informasi yang dihimpun,  korban menuju ke lokasi kebakaran pukul 12.00 WIB dan ditemukan oleh warga telah meninggal dunia karena terbakar pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Kebakaran Hanguskan Rumah Hingga Rata Dengan Tanah

Dari kondisi tubuh korban yang melangalami 100 persen luka bakar, diperkirakan, korban terbakar dalam waktu cukup lama.

"Pihak keluarga korban menerima kejadian ini sebagai musibah dan menolak autopsi," katanya.

Kebakaran lahan di Kecamatan Sumbermalang jarang terjadi. Namun, karena sekarang sedang memasuki musim kemarau dan banyak daun yang mengering mudah terbakar, insiden kebakaran pun tak terhindarkan.

 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x