Kompas TV regional sulawesi

Upaya mewujudkan kemanunggalan, TNI AD Bangun Beberapa Fasilitas Di Kampung Lahendong

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 22:30 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- TNI Manunggal Membangun Desa adalah sebuah program terpadu antara TNI khususnya TNI Angkatan Darat dan Pemerintah Daerah  yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah, dengan harapan kesejahteraan masyarakat didaerah juga akan meningkat.

Tahun 2023 ini, TMMD ke 117 di kota Manado-Sulawesi Utara dipusatkan di Kelurahan Bengkol dengan sasaran warga kampung Lahendong.

Mengingat betapa pentingnya program TMMD sebagai upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, terutama membantu tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengatasi masalah-masalah sosial, sangatlah tepat jika TMMD ke 117 di kota Manado, difokuskan pada peningkatan infrastruktur jalan dan sarana prasarana penunjang kebutuhan warga kampung Lahendong.

TMMD ke 117 di kampung Lahendong berlangsung selama satu bulan, menghadirkan sejumlah program berupa sasaran fisik dan non fisik bagi masyarakat yang bermukim di kampung Lahendong.

Kemanunggalan TNI sangat terlihat saat pelaksanaan TMMD. Menyatu dengan masyarakat warga kampung Lahendong, personil Kodim 1309 dengan jiwa korsanya saling bahu membahu mengerjakan setiap program TMMD di kampung Lahendong.

Sejumlah sasaran fisik yang menjadi progam tmmd antara lain,

Perintisan jalan sepanjang 800 meter dan lebar 5 meter, ini menjadi ‘Angin segar” bagi warga kampung Lahendong, yang selama ini hanya menggunakan akses jalan setapak di areal perkebunan warga untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

TMMD kali ini juga turut membangun rumah tidak layak huni warga kurang mampu di kampung Lahendong.

Selain itu terdapat program renovasi satu masjid dan satu gereja, serta pembangunan sarana sanitasi umum bagi warga.

Berkat kerjasama yang baik, saling mendukung semua unsur yang terlibat, TNI, Pemerinatah setempat dan masyarakat. Program TMMD di Kelurahan Bengkol kampung Lahendong dapat terlaksana dan terealisasi sesuai perencanaan dan harapan.

Warga kampung Lahendong akhirnya bisa merasakan manfaat TMMD, terutama  terbangunnya akses jalan yang mampu memberikan kemudahan serta menopang perputaran ekonomi masyarakat setempat.

Mereka tidak lagi terisolir, namun dapat bersama-sama dengan pemerinath dan TNI, berpatisipasi menjadi bagian penting dalam membangun daerah khususnya kota Manado.

TMMD ke 117 di kota Manado akhirnya resmi berakhir dan ditutup pada 10 Agustus 2023, Irdam Tiga Belas Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi.

Ratusan warga yang hadir dalam penutupan TMMD yang dipusatkan di lapangan bola Tungkoko kelurahan Bengkol sangat antusias mengikuti serangkaian acara seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pasar murah, pemberian bantuan nutrisi bagi balita stunting serta penghargaan bagi warga yang berpartisipasi aktif dalam program TMMD ke 117.

TNI Manunggal Membangun Desa merupakan salah satu implementasi dari tugas operasi militer selain perang, TMMD adalah bentuk pengabdian TNI untuk negeri.

Irdam XIII Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-117 yang digelar Kodim 1309 Manado di kelurahan Bengkol kota Manado.

Upacara penutupan TMMD kali ini dihadiri Wakil wali kota Manado Richard Sualang, serta unsur Forkopimda kota Manado.

Untuk diketahui kampung Lahendong merupakan kawasan pemukiman warga yang masuk dalam kelurahan Bengkol, namun belum memiliki akses jalan yang memadai untuk terhubung dengan akses jalan utama.

Kehadiran TMMD dengan sasaran fisik berupa perintisan jalan sepanjang 800 meter dan lebar 5 meter ini menjadi “Angin segar” bagi warga kampung Lahendong, yang selama ini hanya menggunakan akses jalan setapak di areal perkebunan warga untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain itu TMMD kali ini juga turut membangun rumah tidak layak huni warga kurang mampu setempat, renovasi satu Masjid dan satu Gereja serta pembangunan sarana sanitasi umum bagi warga.

Wakil wali kota Manado Richard Sualang yang hadir dan juga meninjau langsung tahap akhir pengerjaan perintisan jalan di kampung Lahendong menyampaikan apresiasi atas kerja TNI Angkatan Darat yang dinilai tepat sasaran dalam menyediakan fasilitas bagi warga masyarakat.

Saat gelaran penutupan TMMD, Kodim 1309 Manado juga menggelar kegiatan bakti sosial berupa pemberian nutrisi tambahan bagi keluarga yang memiliki anak stunting, kegiatan pasar murah dan pemeriksaan kesehatan bagi warga masyarakat.

#kompastvmanado #tmmd117 #tniad

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x