Kompas TV regional jawa timur

Viral, Puluhan Maba UB Tumbang Saat Pra Ospek

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 19:05 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Viral di media sosial twitter unggahan puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang pingsan saat mengikuti gladi bersih ospek. Pihak kampus dan ketua panitia angkat bicara terkait unggahan yang viral tersebut.

Dalam foto yang beredar di media sosial, nampak para mahasiswa baru Universitas Brawijaya mendapatkan perawatan oleh tim medis. Dalam foto tersebut juga berisi keterangan bahwa mahasiswa baru dijemur di bawah terik matahari.

Dari informasi yang didapat, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (13/08/2023) saat gladi bersih papermob persiapan pembukaan PKKMABA. Gladi bersih dilakukan di di lapangan rektorat Universitas Brawijaya mulai jam 07.00 hingga 12.00. Diduga karena tidak kuat menahan terik matahari, puluhan mahasiswa baru ini pun tumbang.

Pihak kampus memberikan keterangan terkait peristiwa ini. Menurut Pugoh Ananta Putra, ketua pelaksana raja Brawijaya, dari laporan yang masuk ada 30 mahasiswa baru yang pingsan dalam peristiwa tersebut. Mereka sebagian besar karena tidak sarapan, sakit bawaan, hingga dalam masa pemulihan pasca sakit.

"Teman-teman yang sakit akan kita analis, kalau didiagnosa untuk ke RS akan segera kita larikan ke RSUB untuk alur mobilisasi dari teman-teman maba sudah jelas," Kata Pugoh, Senin (14/08/2023). 

Sementara itu, rektor Universitas Brawijaya Prof. Widodo mengatakan pihak kampus akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan ospek.

"Nanti kita akan lakukan evaluasi dulu termasuk juga untuk jenis-jenis penugasan," Kata Rektor UB.

Tahun ini 15.486 mahasiswa baru Universitas Brawijaya Malang akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA). Berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar secara hybrid, kegiatan tahun ini digelar secara luring sepenuhnya selama tiga hari.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x