Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kisah Inspiratif Pemuda Sukses Beternak Domba

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 18:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Perdana Faruq Maulana, warga Desa Golantepus Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah merasa keputusannya keluar dari pekerjaan di perbankan adalah keputusan yang tepat.

Awalnya ia dan istri adalah karyawan perbankan. Ia akhirnya memutuskan untuk keluar karena pertimbangan anak yang membutuhkan perhatian. Karena dirasa memiliki waktu luang cukup banyak, iapun lantas mencoba memulai usaha ternak domba di pekarangan miliknya. Awalnya, ia hanya membeli dua ekor domba, namun lambat laun bertambah. Kini, ia dengan dibantu satu orang pekerja memiliki domba yang jumlahnya mencapai 300 ekor.

Menurut Perdana, perawatan ternak domba tidak begitu sulit. Cukup dengan rutin memberi makan setiap pagi dan sore hari. Tak lupa ia juga secara rutin memberi nutrisi kepada ratusan domba miliknya, mulai dari yang baru lahir hingga yang sudah dewasa.

"Untuk prospek kambing domba masih sangat besar, karena untuk kebutuhan pasar, aqiqoh, untuk kebutuhan jagal warung sate pun masih sangat besar, " ungkap Perdana Faruq, peternak domba.

Domba milik perdana ini dijual per kilo. Untuk domba betina, ia mematok harga 58 ribu sampai 60 ribu rupiah. Sedangkan domba jantan mulai 75 ribu hingga 80 ribu rupiah, dalam sebulan ia bisa menjual hingga 60 ekor domba.

#peternakdomba #kudus #ternakdomba 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x