Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tradisi Jamasan Upaya Kenalkan Keris Pada Generasi Muda

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 18:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Puluhan pusaka Nusantara berbentuk keris, tombak dan tongkat komando, dijamasi di Bumi Koripan, Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Klaten, Jawa Tengah. Tradisi jamasan ini selain untuk membersihkan pusaka, juga sekaligus untuk mengenalkan keris kepada generasi muda.

Ubo rampe yang harus disiapan dalam jamasan ini diantaranya buah-buahan, nasi tumpeng, bubur warna-warni, jeruk nipis, air bunga dan lain-lain.

Sebelum kegiatan jamasan dimulai, komunitas pelestari budaya terlebih dulu melepaskan sejumlah burung, sebagai simbol rasa syukur karena masih diberi kesempatan untuk melestarikan budaya leluhur.

Proses jamasan pertama dimulai dari Tombak Kyai Nenggolo milik Yogi Yuwono asal Prambanan dilanjut dengan menjamas satu persatu keris hingga selesai. Selain tradisi jamasan, kegiatan ini juga diisi pameran dan bursa keris.

Menurut ketua panitia, Agung Bakar, kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan keris kepada kelangan generasi muda. Dengan keris buatan baru, diharapkan kalangan muda ini tidak malu membawa keris, sama halnya seperti saat membawa handphone.

"Ini upaya kami dari Balai Kuripan untuk memberikan edukasi pada masyarakat, khususnya generasi muda. Untuk kembali mengenal dan mencintai keris, jadi keris bagian dari kehidupan anak muda sekarang, " kata Agung Bakar, Ketua panitia jamasan pusaka Nusantara. 

Sementara itu menurut dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, kampusnya secara khusus membuka Program Studi Senjata Tradisional dan Keris sejak 2012. Meski awalnya per-angkatan jumlah peminatnya hanya 5 mahasiswa, namun kini peminatnya semakin meningkat hingga belasan.

"Awalnya hanya 5, tapi pelan-pelan grafiknya setiap tahun, sekarang sudah 12 tahun. sekarang sudah angkatan yang ke 12, grafiknya naik sampai sekarang. Untuk tahun ini yang masuk 15, "jelas Kuntadi, dosen ISI Solo.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini, diminati pengunjung tak hanya dari Solo Raya dan Yogyakarta, namun juga dari luar Jawa.

#keris #jamasanpusaka #solo 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x