Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di HUT RI Ke-78

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 17:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Pekik merdeka terdengar di Sungai Galeh Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (10/08/2023) siang. Semangat kemerdekaan ini ditunjukkan oleh pelajar SMK Bumi Phala Parakan, Kabupaten Temanggung dalam sebuah aksi teatrikal perjuangan melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan.

Tak berhenti sampai di situ, sebuah bendera raksasa dikibarkan di Jembatan Sangkil dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Bendera berukuran 30 kali 10 meter akhirnya dapat terpasang dengan kerja sama BPBD, SAR dan komunitas panjat tebing. Para siswa pun antusias ikut dalam pengibaran bendera raksasa ini.

"Senang bisa mengikuti upacara bendera raksasa kali ini. Karena ini adalah sesuatu yang baru bagi siswa, " kata Amanda Julia, siswa. 

Dalam momen ini, sekolah juga mengajak siswa untuk menebar benih ikan dan mengambil sampah di sekitar sungai, sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan. 

"Hari ini kami juga mengadakan kegiatan pengambilan sampah di sekitar sungai, dan penebaran bibit. Kami ingin mengajak anak-anak kami dan masyarakat luas agar memandang sungai dengan cara yang lebih benar, " ujar Eko Suseno, Wakil Kepala SMK Bumi Phala. 

Tidak hanya sebagai bentuk perayaan, rangkaian kegiatan ini diharapkan bisa memupuk rasa nasionalisme para siswa. 

#benderaraksasa #temanggung #harikemerdekaan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x