Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dorong Semarang Jadi Kota Mode Lewat Pagelaran Busana

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 13:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bertempat di fashion runway hall Balai Besar Pengembangan Vokasi Produktivitas (BBPVP), Jalan Brigjen Sudiarto 118 Kota Semarang. Semarang Fashion Trend (SFT) 2023 ini digelar selama empat hari, dari 9  Agustus hingga 12 Agustus 2023. Dengan mengusung tema Java Heritage, yang mengangkat kekayaan budaya dan keanekaragaman wastra di Jawa Tengah.

Selama empat hari Semarang Fashion Trend menampilkan lebih dari 100 desainer yang tergabung dalam asosiasi perancang busana maupun di luar asosiasi, jenama atau brands, dan UKM se Jawa Tengah. Karya busana yang ditampilkan pun merupakan karya Ready To Wear Craft Fashion atau busana yang bisa langsung dipakai dengan gaya kontemporer namun berselera global.

Ina Priyono, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Semarang, sekaligus Ketua Pelaksana Semarang Fashion Trend 2023, menyebut konsep besar gelaran ini adalah sebagai muara perkembangan terkini industri busana siap pakai berbasis "Craft Fashion" di Jawa Tengah. Tak hanya menggandeng designer lama, namun acara ini juga memunculkan bibit-bibit baru desainer muda.

Gelaran acara Semarang Fashion Trend 2023 ini memberikan kesempatan untuk desainer busana pendatang baru untuk menampilkan karyanya, dengan menampilan tiga koleksi karya alumni dan siswa pelatihan dari Balai Besar Pengembangan Vokasi Produktivitas (BBPVP), agar bisa berkembang dalam industri fashion.

Jawa Tengah sendiri memiliki kekayaan khasanah fashion seperti batik, tenun, sulam, bordir, dan ecoprint, serta sumber daya manusia di bidang fashion yang melimpah. Untuk itu, Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah dijadikan creative hub center atau pusat industri kreatif Jawa Tengah, dan menjadi Kota Mode, yang nantinya mampu menjadi acuan Trend Fashion Indonesia dan dapat berkompetisi di pasar internasional.

#semarang #fashion #bbpvp



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x