Kompas TV regional berita daerah

Ekspor Bawang Merah ke Thailand: Komitmen 3.360 Ton dengan Nilai Transaksi Rp.117 Miliar

Kompas.tv - 12 Agustus 2023, 15:45 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Ekspor bawang merah sebanyak 96 ton ke Thailand dengan nilai transaksi 232 ribu dollar Amerika Serikat merupakan komitmen dari total sebanyak 3360 ton atau setara 120 kontainer dengan nilai transaksi mencapai Rp. 117 miliar rupiah.

 

Usai melepas tiga truk kontainer di gudang bawang merah Desa Klampok, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan meski di bawah ancaman El Nino namun produksi bawang merah di berbagai sentra di Indonesia pada bulan ini diprediksi melimpah.

 

Menurutnya melalui ekspor tersebut pemerintah ingin menyampaikan pesan bahwa negara selalu hadir untuk menjaga agar harga di tingkat petani harus tetap menguntungkan sesuai perintah Presiden Jokowi agar seluruh kementerian terkait akan saling berkoordinasi. Sehingga petani bisa tetap semangat berproduksi dan negara pun masih mampu mendulang devisa untuk kepentingan pembangunan yang lebih luas.

 

Hingga saat ini Kabupaten Brebes sebagai sentra produksi terbesar bawang merah nasional pada tahun 2022 lalu, BPS mencatat produksi bawang merah Brebes mencapai 383.680 ton dengan luas panen 32.509 hektar atau berkontribusi sekitar 20% dari total produksi nasional. Meskipun saat ini sudah tumbuh sentra-sentra baru di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, NTB dan NTT, namun Brebes masih menjadi sentra yang terbesar dan terluas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x