Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kementerian PUPR & Mbak Ita Serahkan Kunci Rusun ke Warga Eks Kebonharjo

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 13:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa Rabu (9/8/2023) pagi, menyerahkan kunci pada warga eks Kebonharjo yang terkena dampak revitalisasi jalur rel ganda kereta api kawasan Kebonharjo Semarang. Penyerahan kunci rumah susun yang disaksikan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama dengan anggota DPR RI Mochamad Herviano ini, menyambut pelaksanaan peringatan Hari Perumahan Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Agustus nanti.

Rumah Susun Tower 3 yang dibangun pada tahun 2022 ini, adanya kolaborasi dengan kementerian PUPR untuk memberikan rumah layak huni bagi warga kurang mampu terdampak pembangunan nasional. Selain membangun Rusun Tower 3, Kementerian PUPR juga membangun rusun sawah besar yang sudah ditempati warga yang terdampak normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur.

“Masyarakat yang terkena dampak dari pembangunan kereta api Kebonharjo, bisa masuk di sini. Sehingga mereka bisa mendapatkan yang lebih baik dan lebih enak di sini, tadi disampaikan Mas Vino, banyak yang mengantre. Karena apa, rusunnya ini sudah kaya apartemen. Jadi siapa yang tidak mau, dan tidak senang. Tapi harus dijaga kebersihannya,” ucap Hevearita.

Kepala Penyedia Perumahan Jawa III Kementerian PUPR, memberikan sinyal positif mengenai rencana pembangunan Rusunawa Tower 4. Nantinya, jika pemerintah kota sudah menyediakan lahan, Kementerian PUPR akan kembali melakukan pembangunan setelah bekoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

“Dengan adanya berita acara dan juga surat kelola tersebut, tanggung jawab perawatan. Minta tolong Ibu Wali bisa menugaskan teman-teman OPD yang terkait untuk bisa ikut bersama-sama warga menjaga dan merawat rumah susun ini, agar tetap bisa berfungsi dengan baik dan terjaga,” pinta Salahudin Rasyid, Kepala Penyedia Perumahan Jawa III Kementerian PUPR.

Setelah adanya serah kelola dari Kementerian PUPR ini, pemerintah kota mengharapkan warga penghuni untuk membantu melakukan perawatan, meski belum seratus persen asetnya diserahkan. Diharapkan dengan dibangunnya rumah susun di Kota Semarang ini, bisa membantu warga kurang mampu memiliki hunian yang layak, bersih dan nyaman.

 

#hevearitagunaryantirahayu #rumahsusun #pupr

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x