Kompas TV regional papua maluku

Keluarga Alm Demianus Ijie Tuntut Hak Perwalian Anak Dan Tolak Putusan Pengadilan

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 19:45 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Keluarga besar  Alm Demianus Ijie menyatakan penolakan terhadap putusan Pengadilan Negeri Sorong, terkait hak asuh anak Alvaro Gavriel Ijie,  yang jatuh pada keluarga ibu anak tersebut.

Pernyataan penolakan putusan Pengadilan Negeri Sorong ini disampaikan kakak kandung Almarhum  Demianus Ijie, Yulianus Idie , Rabu (09/08/2023), di halaman Mapolresta Sorong Kota. Hal ini dikarenakan keluarga dari ibu kandung anak tersebut mengajukan gugatan sepihak tanpa sepengetahuan keluarga Alm  Demianus Ijie.

Yulianus Idie mengatakan, menurut adat atau tradisi perkawinan yang terjadi di Suku Papua khususnya di Kabupaten Maybrat, yang menganut sistem patrilineal, apabila suami istri meninggal dunia dan meninggalkan anak maka hak asuh anak sepenuhnya jatuh kepada keluarga laki-laki.

Keluarga kandung Almarhum Demianus Ijie juga mengklaim semua aset baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Keluarga berharap pengadilan tidak hanya memutuskan perkara mengenai hak asuh anak, hanya dengan mempertimbangkan dari sisi hukum positif saja, melainkan juga harus mempertimbangkan dari sisi hukum adat.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.