Kompas TV regional berita daerah

Sedekah Laut, Tradisi Nelayan Pantai Utara Jawa Tengah

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 19:48 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sedekah laut merupakan tradisi para nelayan di Pantai Utara, Jawa Tengah, yang digelar setiap tahun pada bulan Muharram. Dalam acara sedekah laut terdapat ancak berisi sesaji kepala kerbau dan berbagai hasil bumi.

 

Rangkaian acara sedekah laut dimulai dengan arak-arakan yang diiringi aneka kesenian tradisional seperti burok dan tarian tradisional yang dimainkan sejumlah kaum perempuan. Setelah arak-arakan keliling kampung hingga tempat pelelangan ikan, barulah ancak yang berisi sesaji siap dibawa ke tengah laut.

 

Ritual sedekah laut merupakan kearifan lokal yang sudah dilakukan puluhan tahun silam oleh nenek moyang mereka. Acara ini sekaligus perwujudan bentuk rasa syukur masyarakat nelayan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Tradisi sedekah laut tidak hanya menjadi ritual para nelayan, namun juga telah menjadi daya tarik wisata warga yang bukan nelayan. Warga dari sejumlah tempat di Kabupaten Brebes dan sekitarnya memanfaatkan momen sedekah laut untuk berekreasi ke tengah laut dengan menumpang kapal gratis bersama keluarganya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x