Kompas TV regional sumatra

Pelabuhan Calang Mulai Ekspor CPO ke India

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 10:00 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH JAYA, KOMPAS.TV - Meskipun sudah mulai beroperasi dan mampu melakukan ekspor CPO ke luar negeri seperti India melalui Pelabuhan Calang, Aceh Jaya. Namun masih banyak pengusaha kelapa sawit yang memilih melakukan ekspor CPO melalui Sumatera Utara. Hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya pasokan CPO untuk di ekspor serta kendala lain seperti pelabuhan tempat bersandarnya kapal.

Saat ini, terdapat 3 unit tangki penampung untuk CPO yang nantinya akan tersambung langsung ke kapal. Hal ini akan lebih mempermudah porses distribusi cpo dari tangki penampung ke tangki kapal yang bersandar 200 meter lebih dari bibir pantai.

Meskipun belum maksimal dan dengan kouta yang terbatas. Sejumlah CPO dari wilayah Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya hingga Subulussalam mulai melakukan ekspor dengan memanfaatkan fasilitas dari pelabuhan tersebut.

Bea Cukai yang melakukan pengawasan ekspor mengajak pengusaha untuk melakukan ekspor melalui pelabuhan yang ada di sejumlah wilayah di Aceh. Selain untuk meningkatkan pendapatan daerah, jarak tempuh untuk ekspor juga tergolong dekat jika melalui Aceh yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x