Kompas TV regional berita daerah

Gebyar Tembakau dan Kopi di Lumajang, Petani Dapat Bantuan Alat Pertanian

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 21:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang Jawa Timur beserta Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Lumajang menggelar gebyar tembakau dan kopi.

Gebyar tembakau dan kopi digelar di Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (7-8/8/2023).

Acara dimulai dengan penyerahan bantuan alat penunjang produksi tembakau dan kopi kepada petani. Bantuan alat berupa cultivator, kendaraan roda tiga, hand traktor dan mesin Rajang.

Acara dilanjutkan dengan simulasi pemanfaatan teknologi drone dalam memupuk tanaman tembakau. Teknologi drone dapat mempermudah petani dalam memberi pupuk dan obat pada tanaman. Namun petani kesulitan menggunakan drone karena harganya drone mahal.

Baca Juga: Pemkab Lumajang Sejahterakan Petani dengan Program Gerbas Tani

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Lumajang, Hari Susiati mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas produksi tembakau dan kopi agar bisa diekspor.

Ketua APTI Lumajang, Dwi Wahyono mengapresiasi acara tersebut karena dapat menjadi ajang saling tukar informasi terkait meningkatkan produksi kopi dan tembakau.

Dwi Wahyono juga menegaskan bahwa petani bertekad meningkatkan produksi tembakau agar pendapatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau atau DBHCHT juga meningkat.

Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba linting tembakau tradisional, pertunjukan tari topeng kaliwungu, bazar tani, nyeruput 500 cangkir kopi dan pembagian aneka doorprize.

 

#tembakau #kopi #petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x