Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sambut HUT ke-78 RI, Warga Adu Kreativitas Lewat Mural

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Lomba seni lukis dinding atau mural ini diikuti 23 kelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari tiga orang. Para peserta lomba mural diberi waktu selama enam jam untuk menyelesaikan karya mereka.

Baragam gambar seperti burung garuda, tokoh pahlawan, hingga gambaran perjuangan Bung Tomo di Surabaya dituangkan dalam kreasi mural yang menarik. Selain menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia, lomba ini juga untuk memberikan ruang anak-anak muda, agar tidak kembali melakukan vandalisme.

“Untuk mengekspresikan jiwa seninya, kemampuan seninya, keahliannya dalam seni lukis, khusunya seni lukis mural. Temanya ini perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Kita menyesuaikan dengan tema HUT RI ke-78 ini,” jelas Joko Suseno, Camat Teras Boyolali.

“Karena semangat Bung Tomo dalam meraih kemerdekaan ini sangat membara, maka saya mengambil tema tersebut. Soalnya Bung Tomo pernah bilang, ‘Gelorakan perjuangan di setiap langkah kita!’ Sehingga saya terinspirasi untuk menggambar Bung Tomo. Kurang lebih seminggu, saya gambar sendiri sambil cari-cari referensi di internet juga,” ungkap Cahyaning Puspita, peserta.

Melalui lomba mural ini diharapkan ke depan, semangat perjuangan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif akan terus terjaga. Serta akan terus menumbuhkan semangat nasionalisme bagi seluruh warga Indonesia.

#kemerdekaan #bungtomo #mural



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x