Kompas TV regional berita daerah

Serikat Pekerja Nasional Deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 22:42 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Setelah sempat mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 pada Maret silam, kini Serikat Pekerja Nasional (SPN) mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Pernyataan tersebut disampaikan saat Rapat Koordinasi Nasional Khusus (Rakornassus) Serikat Pekerja Nasional (SPN) yang diselenggarakan di sebuah hotel di Kota Tegal, Jawa Tengah pada Kamis siang.

 

Ketua Umum SPN, Djoko Heriyono, mengatakan dukungan diberikan karena para pengurus SPN merasakan keberpihakan Anies kepada para pekerja selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sebelum Rakornassus, Djoko mengaku Serikat Pekerja Nasional (SPN) seluruh Indonesia menyatakan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Pernyataan itu disampaikan usai melaksanakan Sidang Majelis Nasional (Majenas) SPN IV di Lombok Garden Hotel Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2023 silam.

 

Dukungan terhadap Anies Baswedan merupakan aspirasi dari para pekerja. Mereka menilai pekerja akan lebih leluasa karena isunya lebih seksi seperti cabut Omnibus Law hingga jaminan sosial semesta sepanjang hayat termasuk saat para pekerja memasuki masa pensiun. Terkait kerjasamanya dengan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB), Djoko menegaskan kerjasama penelitian masih terus berlanjut tetapi aspirasi terkait Capres mengikuti hasil Rakornassus di Kota Tegal karena diputuskan seluruh pengurus se-Indonesia.

 

Djoko mengungkap SPN memiliki 16 pengurus di tingkat provinsi dan ratusan pengurus di kota/kabupaten seluruh Indonesia. Serikat buruh ini beranggotakan 205.409 orang yang tersebar di 427 perusahaan di tanah air. Sebagai bentuk dukungan, selanjutnya Djoko menyerahkan surat rekomendasi SPN kepada Sudirman Said selaku anggota Tim 8 Anies Baswedan.

 

Anggota Tim 8 Tim Pemenangan Bacapres Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan akan segera meneruskan aspirasi para buruh SPN tersebut ke Anies. Ia menilai dukungan SPN itu menambah energi bagi Anies. Menurut Sudirman sebelumnya para buruh di beberapa kota seperti Bandung, Sumedang, Batam, Purwakarta, Jogja dan DKI telah terlebih dulu menyatakan dukungan ke Anies.

 

Pernyataan sikap dukungan buruh ke Anies menurut Sudirman Said merupakan dampak kebijakan Anies terhadap pekerja saat menjabat Gubernur DKI. Semasa menjabat Gubernur, Anies sudah membuat kebijakan atau making policy yang dianggap berpihak pada pekerja seperti bantuan sosial pada para pekerja.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.