Kompas TV regional sumatra

Harga Bahan Pokok Melambung Tinggi

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 09:00 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Sejumlah harga komiditi pasar seperti telur, gula dan bawang putih dan tomat alami kenaikan. Pasalnya para pedagang mengaku sudah beberapa bulan kenaikan harga terus terjadi.

Meski harga naik, pembeli terpaksa membeli telur dengan harga tinggi karena untuk kebutuhan rumah tangga maupun jualan. Biasanya mereka membeli telur seharga 38 ribu per lemping kini harus membeli dengan harga 43 ribu rupiah.

Kenaikan harga telur ini sudha terjadi sejak bulan Ramadhan kemarin dan masih terus bertahan di harga 43 ribu rupiah per lemping. Selain telur ayam, gula pasir juga alami kenaikan dua ribu rupiah perkilogram. 

Selain sembako, kenaikan harga juga terjadi pada harga sayuran, seperti tomat dan bawang putih.  Biasanya tomat dijual seharga tujuh ribu perkilogram kini naik menjadi 12 ribu rupiah perkilogram. Begitu juga dengan bawang putih yang naik sepuluh ribu rupiah perkilogram. 

Pedagang mengaku tingginya harga jual itu disebabkan para petani mengalami kegagalan panen akibat diserang hama yang mengakibatkan pengiriman dari Medan sangat terbatas.

Selain terjadinya kenaikan harga jual bahan pokok. Daya beli masyarakat juga lesu beberapa hari terakhir. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x