Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikmatnya Soto Sawah Nasi Organik, Murah dan Sehat

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 16:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kuliner soto memang menjadi makanan khas nusantara yang mudah ditemui di banyak wilayah. Namun, setiap menu soto yang dibuat selalu memiliki cita rasanya tersendiri.

Seperti kuliner soto ayam yang dijual di Kota Semarang , Jawa Tengah, yang satu ini, tak hanya menggunakan ayam kampung sebagai bahan pembuatan soto agar kuahnya terasa gurih, namun sang pemilik warung soto juga menggunakan nasi organik.

Dengan menyuguhkan pemandangan hamparan sawah yang menghijau dan pemandangan Gunung Ungaran menjadikan warung soto ini tak pernah sepi pengunjung. Termasuk rutin dikunjungi oleh salah satu pelanggan asal Italia , yang setiap tahun datang ke Kota Semarang saat liburan musim panas.

“Kalau liburan di sini, pasti makan di sini. Aku enjoy, aku suka. Setiap satu tahun satu kali, aku liburan ke sini dan makan di sini,” ucap Emilio Bogani, pengunjung dari Italia.

Menurut mengelola warung soto sawah ini, yang membedakan sotonya dengan warung soto lainnya adalah karena soto ini dibuat menggunakan bahan organik yakni nasi organik, termasuk menggunakan bumbu yang sehat agar semua kelompok umur bisa menikmati soto sawah ini.

“Yang membedakan dengan soto lain saya kira adalah dari nasinya. Kita memakai beras organik, kebetulan disini ada beberapa petani, termasuk saya juga mengusahakan tanaman padi organik tanpa bahan kimia,” jelas Zaenal Arifin, pemilik warung soto.

Warung soto yang sudah berdiri sejak delapan tahun lalu ini selalu ramai  tanpa promosi di media sosial, namun banyak rekomendasi dari banyak pengunjung. Bahkan warung soto  yang awalnya disebut Warung Soto Mbak Tutik ini, lebih dikenal dengan warung soto sawah yang berasal dari sebutan dari para pelanggan yang kerap datang. Dalam sehari, warung soto ini bisa menjual sekitar 1.000 porsi soto ayam yang harganya dibandrol mulai dari Rp 5.000 per porsi.

 

#sotosawah  #kotasemarang #kulinersemarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x