Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Tata Rias

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 15:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 30 perempuan yang terdiri dari ibu rumah tangga dan anggota PKK di Kelurahan Petompon, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang mengikuti pelatihan tata rias dan kecantikan. Pelatihan ini merupakan program dari kelurahan sebagai upaya untuk memberdayakan warga Petompon.

Orang yang memberikan materi pelatihan pun berasal dari warga Keluarahan Petompon sendiri, yang sudah terlebih dahulu bergelut di dunia tata rias dan kecantikan. Materi yang diberikan pun sederhana tetapi sangat bermanfaat, yakni merias wajah secara natural, riasan wajah untuk pergi bekerja juga riasan wajah untuk pesta. Para ibu-ibu rumah tangga juga dibekali pengetahuan mengenai cara merawat kulit dan wajah.

“Hari ini kami tekankan kepada ibu-ibu PKK, dengan riasan yag sederhana namun bisa menunjang penampian. Saya tambahkan juga, sebelum menggunakan tata rias yang sangat penting tentang perawatan kulit. Dengan mempunyai kulit yang sehat, tentu saja hasil riasan yang dihasilkan akan sangat menunjang. Untuk materinya, tadi kami demokan, cara-cara tata rias yang gampang untuk dilakukan sehari-hari,” ucap Lilik Hari, pelatih tata rias.

Para peserta pun antusias dengan adanya pelatihan tata rias dan kecantikan ini. Ketrampilan tata rias bisa diaplikasikan dengan mudah dan meningkatkan rasa percaya diri pada para ibu rumah tangga.

“Kita mendapat ilmu, dan bisa mempraktikan langsung. Ini juga bagus ya untuk kita, kalau kita mau kemana gitu, jadi bisa merias sendiri,” ungkap Didit Sugiarti, peserta pelatihan tata rias.

“Untuk pemberdayaan perempuan sendiri, tujuannya disamping mensejahterakan warga Petompon. Penting untuk menambah pengetahuan, yang imbasnya untuk menambah penghasilan bagi ibu sebagai kepala keluarga,” jelas Lurah Petompon, Mawit Sumitra.

Kelurahan Petompon dikenal dan ditetapkan sebagai wilayah ramah perempuan dan anak. Untuk itu warga ingin mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan perempuan di wilayahnya. Diharapkan dengan ketrampilan tata rias dan kecantikan para perempuan di Kelurahan Petompon bisa memiliki peluang untuk membuka usaha di rumah dan menambah penghasilan keluarga.

 

#pkk #kotasemarang #pelatihantatarias

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x