Kompas TV regional papua maluku

Terkendala Tenaga Pengajar, Satgas Yonif PR 433/JS Buka Kelas Pintar Untuk Pelajar

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 07:49 WIB
terkendala-tenaga-pengajar-satgas-yonif-pr-433-js-buka-kelas-pintar-untuk-pelajar
Prajurit Satgas Yonif PR 433/JS mendampingi anak anak di Distrik Mbua, Nduga belajar di Kelas Pintar, terbatasnya jumlah tenaga pengajar membuat prajurit TNI berinisiatif memberi kelas belajar bagi warga. (Sumber: Satgas Yonif PR 433/JS )
Penulis : KompasTV Merauke

MBUA, KOMPAS.TV - Personel Satgas Pamtas Mobile Yonif Para Raider 433/JS Kostrad mengadakan kegiatan belajar di Kelas Pintar di lingkungan Pos Satgas di Distrik Mbua, Kabupaten  Nduga, Papua, Selasa, (06/08/2023).

Meski tahun ajaran baru pendidikan di Sekolah telah di mulai, namun pembelajaran  di Sekolah-sekolah yang berada di Distrik Mbua belum dapat dilakukan.

Minimnya tenaga pengajar yang berada di wilayah Distrik Mbua, Kab. Nduga menjadi penyebab Sekolah yang ada di daerah ini masih belum dapat beroperasi seperti sekolah-sekolah lain pada umumnya.

Selain itu, kondisi wilayah yang berada dipegunungan, sulitnya medan dan terbatasnya sarana transportasi menjadi hambatan kualitas pendidikan wilayah ini.

 Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi anak-anak Mbua untuk tetap belajar. Mereka ramai-ramai menuju ke Kelas Pintar Lapangan untuk mengikuti kegiatan belajar yang diselenggarakan oleh para prajurit dari Pos Satgas Yonif 433 Kostrad.

Satgas Yonif PR 433/JS berinisiatif untuk mengadakan kegiatan "Kelas Pintar" di Pos Satgas, untuk membantu tenaga pendidik anak-anak di wilayah Distrik Mbua.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter cinta tanah air yang  sejak dini kepada anak-anak di Distrik Mbua. Anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan belajar yang diberikan oleh para Prajurit Julu Siri Kostrad.

Selain kegiatan belajar yang dilakukan setiap pagi, di Kelas Pintar ini juga disediakan buku-buku pelajaran sekolah untuk dijadikan Perpustakaan bagi anak-anak yang ingin membaca dan menambah pengetahuan kapanpun waktunya.

Kegiatan belajar dan Kelas Pintar ini juga mendapat respon positif dari warga masyarakat Mbua, hal tersebut disampaikan langsung dari salah satu tokoh masyarakat yang ada di Distrik Mbua, Yones (47).

 "Saya berterimakasih kepada bapa-bapa tentara yang membuat Kelas Pintar ini, sehingga anak-anak kami nanti bisa menjadi generasi penerus Bangsa" ujar  Yones.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x