Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Permintaan Darah Meningkat, Stok Darah UDD Pekalongan Terbatas

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 17:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kantor Unit Donor Darah Palang Merah  Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan melakukan berbagai cara agar kebutuhan permintaan darah tercukupi. Pasalnya, kenaikan permintaan darah meningkat tajam selama bulan Juli 2023.

Tercatat dalam satu bulan 1.300 lebih pemintaan kantong darah dari masyarakat yang membutuhkan. Sementara PMI Kabupaten Pekalongan baru bisa mendapatkan kantong darah sebanyak 1.100 kantong.

Kekurangan kantong darah hingga 200 lebih itu didapatkan dari PMI kabupaten tetangga untuk para pasien di rumah sakit. Rata-rata per hari PMI Kabupaten Pekalongan mengeluarkan 50 kantong darah.

Tetapi sejak bulan Juli, permintaan meningkat menjadi 60 sampai 70 kantong darah per hari. Sehingga stok darah setiap harinya kritis baik golongan darah A, B, AB dan O.

“Penyediaan darah itu ada sekitar 1.300 kantong, kemudian untuk bulan Juli itu terjadi peningkatan permintaan dari rumah sakit, sekitar 300. Jadi kekurangan stok yang kita punya ini, kita penuhi dari jejaring luar UDD sekitar 300 kantong,” jelas Pia Fitriawati, Pegawai UDD PMI Kabupaten Pekalongan.

Petugas berharap masyarakat sadar akan pentingnya donor darah untuk kemanusiaan.

#pekalongan #pmi #stokdarah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x