Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Bendera Dadakan Meriahkan HUT RI ke-78 di Semarang

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 21:18 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Salah satu pedagang bendera dadakan ini bernama Yunus asal Garut, Jawa Barat. Dia mengaku sudah sejak Rabu lalu berjualan di sekitaran Taman Sampangan Kota Semarang ini. Berbagai pernak-pernik untuk memeriahkan kemerdekaan RI yang dijualnya antara lain bendera biasa, kecil segitiga, umbul-umbul hingga bendera merah putih jenis banner.

 

Pernak-pernik bendera yang dijualnya mulai dari tujuh belas ribu hingga seratus lima puluh ribu rupiah. Dia hanya berjualan bendera dan pernak-perniknya saat mendekati HUT RI saja. Biasanya dia berjualan selama tiga minggu di Kota Semarang, dan rata-rata bisa mendapat untuk satu juta rupiah. Saat ini dia sudah menjual sekitar dua puluh lima potong pernak-pernik bendera.

 

Selain di sekitar Taman Sampangan, penjual bendera dadakan juga terlihat di depan SPBU Gajahmungkur Kota Semarang. Penjual ini juga menawarkan berbagai pernak-pernik bendera untuk memeriahkan kemerdekaan RI yang ketujuh puluh delapan.

 

Salah seorang pembeli yang merupakan Ketua RT.2/RW.4 Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajahmungkur bernama Sunarko mengaku setiap tahun membeli umbul-umbul di sini. Setiap tahun biasanya dia membeli setidaknya tujuh puluh buah umbul-umbul. Dia biasanya membeli umbul-umbul pada kisaran empat puluh lima ribu rupiah. Nantinya umbul-umbul ini akan dipasangkan sepanjang RT yang dipimpinnya, untuk memeriahkan kemerdekaan RI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x