Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Suhu Minus 3,5 Derajat Celcius, Dieng Diselimuti Embun Es

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 15:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV - Kondisi salju atau embun es yang muncul di pagi hari di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, menjadi daya tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai daerah.

Embun di rerumputan ini terlihat membeku dan menjadi hamparan salju. Kemunculan embun es ini, akibat adanya penurunan suhu yang cukup ekstrem di Dataran Tinggi Dieng, yakni mencapai minus 3,5 derajat Celcius, pada pagi hari.

Fenomena embun es kali ini, dengan ketebalan mencapai setengah sentimeter. Embun es muncul di rerumputan, daun-daun di komplek Candi Arjuna dan sejumlah fasilitas umum obyek wisata Dieng lainnya.

Meski udara dingin cukup ekstrem, para wisatawan rela menyusuri sudut area di seputaran Candi Arjuna untuk mengabadikannya. Suhu di Dieng saat malam hingga dini hari berkisar antara minus 0 derajat Celcius hingga minus 5 derajat Celcius.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Dieng Banjarnegara, Sri Utami, mengatakan, suhu udara di Dieng sejak beberapa hari ini terus menurun dan menunjukan angka minus 3,5 derajat Celcius.

“Pada hari ini Dieng kembali bersalju, khususnya di area Candi Arjuna, yaitu suhu pagi hari ini mencapai minus 3,5 derajat Celcius dan ini menjadi salah satu fenomena yang diburu oleh para wisatawan karena kita lihat pagi hari ini banyak sekali wisatawan yang berburu embun upas,” tutur Sri Utami.

Fenomena embun salju ini pun, menjadi pemandangan yang cukup unik dan langka serta diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah.

#dieng #candiarjuna #embunsalju



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x