Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pengusaha Laundry dan Restoran Diimbau Tak Gunakan Elpiji 3 Kg

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 16:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hasil pantauan yang dilakukan oleh Pertamina di sejumlah pangkalan elpiji tiga kilogram di Kota Semarang aman, baik pasokan elpiji subsidi maupun non subsidi. Oleh sebab itu, Pertamina meminta para pengusaha laundry maupun restoran untuk mentaati surat edaran dari Dirjen Migas, yakni dengan menggunakan elpiji non subsidi.

Sebab elpiji subsidi hanya diperuntukkan rumah tangga dan usaha mikro. Selain itu, saat ini pihaknya terus melakukan program subsidi tepat, sehingga masyarakat diminta menggunakan KTP dalam pembelian elpiji tiga kilogram agar tepat sasaran.  Diakuinya hingga saat ini pihaknya masih melakukan imbauan dan belum memberikan tindakan atau sanksi kepada pengusaha laundry atau restoran yang masih menggunakan elpiji bagi warga miskin. 

Konsumsi elpiji ukurang tiga kilogram di Kota Semarang mencapai 86.320 tabung setiap harinya, atau sekitar 2.330.600 tabung dalam sebulan. Sedangkan jumlah pangkalan elpiji yang terdata sekitar 3.200 buah.

“Kalau kita lihat laundry, dan rumah makan masih ada yang menggunakan elpiji bersubsidi. Kita imbau supaya masyarakat yang menggunakan elpiji subsidi menjadi elpiji nonsubsidi. Kalau sanksi kita hanya sampai ke pangkalan saja, jadi tidak ke pengguna langsung,” ucap Agung Kaharesa Wijaya,SBM Rayon 1 Semarang Pertamina Patra Niaga

Sunarto, salah satu pemilik pangkalan elpiji di Jalan Tambakboyo Kota Semarang, mengaku tidak mengalami kendala yang berarti. Kebanyakan keluhan warga hanya mempertanyakan penggunaan KTP dalam pembelian elpiji ukuran tiga kilogram tersebut. Namun, dia berusaha menjelaskan dengan baik terkait aturan baru pemerintah ini, agar penggunaan elipiji tiga kilogram bisa tepat sasaran.

“Ada sedikit kesulitan, sekarang kan harus menggunakan KTP. Kadang-kadang kalau dimintai agak kesulitan, takut dikira ada apa-apa. Walau agak kesulitan, tapi tetap aman,” ucap Sunarto.

Mayoritas pelanggan pengguna elpiji 3 kilogram ini adalah rumah tangga dan pelaku UKM, dan semua pelanggan juga sudah terdata melalui aplikasi Microsite Pertamina.

 

#elpiji3kilogram #pertamina #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x