Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Siapkan 1000 Hektar Lahan

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 14:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Saat kunjungan kerja ke Kelompok Tani Ayem Tenang, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/7/2023), Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, mengaku kagum dengan Kota Semarang yang memiliki lahan pertanian hingga lebih dari 1.700 hektar. Kondisi ini membuat Kota Semarang berpotensi menjadi penyangga ketahanan pangan di Jawa Tengah.

Melihat potensi ini, Mentan meminta Pemerintah Kota Semarang untuk menyediakan setidaknya 1.000 hektar lahan pertanian yang bisa menjadi penopang ketahanan pangan. Atas permintaan itu, pemkot akan segera mempersiapkan lahan pertanian ini.

“Kota Semarang memiliki hamparan sawah yang cukup besar, hampir 1.700 hektar lebih. Di tengah ancaman El Nino, ternyata air sangat banyak di sini. Kita tentu berharap El Nino akan lewat dan tentu saja ada dampaknya, tapi kita sudah antisipasi. Saya suka dengan Ibu Wali Kota Semarang, tentu dengan Pak Gubernur Jawa Tengah juga, bahwa hamparan yang 1.000 hektar ini kita coba jadikan penyangga El Nino,” terang  Syahrul Yasin Limpo.

Wali Kota Semarang menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Semarang akan menyediakan 1.000 hektar lahan pertanian yang bisa menjadi penopang ketahanan pangan.

“Sawah yang digunakan untuk penanganan El Nino. Kota Semarang mendapat 1.000 hektar yang kita harapkan nanti akan kami siapkan baik-baik untuk kegiatan yang tadi. Sebenarnya pemanfaatan lahan itu bisa di mana pun, tapi yang penting adalah bagaimana kita mendorong masyarakat untuk bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan lahan, apalagi sudah ada bantuan dari kementerian pertanian, jadi kita harapkan semuanya bisa menjadi sejahtera,” tutur  Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang.

Ancaman El Nino diprediksi berlangsung hingga September nanti, untuk itu perlu adanya langkah cepat dari pemerintah untuk mempertangguh ketahanan pangan.

Wali Kota Semarang juga mengatakan, ketahanan pangan tidak harus areal persawahan, namun dapat dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pemukiman warga, yakni dengan menanam sayur mayur dan buah-buahan. 

#elnino #ketahananpangan #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x