Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cegah Banjir, Mbak Ita Ajak Bersihkan Banjir Kanal Barat

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 14:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setelah sebelumnya melakukan bersih-bersih Sungai Banjir Kanal Timur, kegiatan yang sama kini juga dilakukan di Sungai Banjir Kanal Barat. Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang biasa disapa Mbak Ita, untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya banjir, di saat musim penghujan nanti.

Dengan mengandeng BBWS Pemali Juwana, TNI, Polri serta melibatkan partisipasi masyarakat, Mbak Ita melakukan bersih-bersih sungai di Banjir Kanal Barat, Minggu (30/7/2023). 

Menurut Mbak Ita, saat kemarau seperti saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan bersih-bersih dan mengangkat sedimen di dasar sungai.

“Kita harapkan memang ini adalah salah satu upaya bagaimana pencegahan atau pengendalian banjir yang pada saat sekarang mumpung masih kemarau, kita bisa bersih-bersih, kemudian juga mengeruk sedimen yang minggu lalu dikerjakan juga oleh Kecamatan Semarang Timur,” jelas Mbak Ita.

“Tapi kami juga meminta kepada para pemangku wilayah, camat-camat yang ada di sepanjang wilayah Banjir Kanal Timur maupun Banjir Kanal Barat untuk melakukan yang sama, karena kalau hanya wilayah titik-titik tertentu, tetapi yang hulu juga tidak dikerjakan, ini juga akan membawa sampah, membawa sedimen, sehingga juga akan kembali lagi seperti yang sebelum dibersihkan,” tambahnya.

Selain melakukan pembersihan dan pengerukan sedimen dengan menggunakan alat berat, Mbak Ita juga melakukan penanaman pohon di bantaran sungai. Giat bersih sungai ini dilakukan hulu hingga hilir sungai, dengan harapan saat memasuki musim penghujan air dapat dikendalikan dan tidak meluber hingga masuk ke pemukiman warga.

#bersihbersihsungai #mbakita #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x