Kompas TV regional jawa timur

Jelang HUT RI, Penjahit Bendera di Malang Kewalahan Layani Pesanan

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 18:23 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Penjahit bendera dan umbul umbul di Kota Malang kebanjiran pesanan di bulan Agustus. Tingginya permintaan membuat perajin kewalahan.

Lilik adalah salah satu perajin bendera dan umbul-umbul yang merasakan berkah bulan kemerdekaan atau bulan Agustus. Di rumahnya kawasan Kelurahan Buring Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Lilik bersama suaminya tengah sibuk menyelesaikan pesanan bendera dan umbul umbul merah putih. Beragam ukuran bendera dan umbul-umbul dari para pemesan harus ia selesaikan tepat waktu.

Pasangan suami istri yang sudah menjadi perajin bendera sejak tahun 1990 ini mengaku di momen bulan kemerdekaan seperti saat ini pesanan bendera meningkat, bahkan sejak sebulan sebelum Agustus.

Untuk tahun ini, selain bendera, pesanan yang paling banyak diminati adalah umbul-umbul dengan rumbai dan bergambar lambang negara indonesia yakni garuda pancasila. Umbul umbul ini biasanya dipasang di gang gang permukiman warga. Tingginya permintaan bendera dan umbul umbul juga diakui Lilik membuatnya kewalahan.

"Yang paling banyak dipesan itu umbul-umbul dengan rompel dan gambar garuda," Kata Lilik.

Lilik menambahkan, mereka melayani pesanan bendera dan umbul umbul produksi rumahan ini dari seluruh wilayah Malang Raya. Tidak hanya para penjual, pesanan juga banyak datang dari perkantoran dan warga yang ingin menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan menghias kampung mereka.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x