Kompas TV regional jawa barat

Kesenian Tradisional Komunitas Mulsim Xinjiang

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 19:49 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG.KOMPAS.TV, - Kesenian tradisional umat muslim dari Xinjiang China mampu memukau ribuan penonton yang menghadiri gelaran Hijriah Festival dalam rangka peringatan tahun baru islam 1445 Hijriah di Gedung Pusdai Bandung kamis malam. Nyanyian dan tarian tersebut merupakan tradisi yang sudah ribuan tahun dilestarikan oleh umat muslim di Negeri Tiongkok sana.

Menurut penyelenggara acara peringatan Tahun Baru Islam kali ini dibuat berbeda, karena diisi dengan kebudayaan tausiah dan bazar dari UMKM lokal, yang menggambarkan bagaimana Nabi dulu ketika Hijrah dari Mekah ke Madinah, yakni menyatukan umat dengan budaya mengisi keimanan dengan dakwah dan memperkuat ekonomi melalui perdagangan.

Kehadiran Habib Jafar menjadi pelengkap acara malam tadi, dimana Habib yang saat ini sedang digandrungi ini seperti biasa memberikan tausiahnya dengan santai dan kerap diselingi guyonan yang membuat penonton tertawa.

Dalam tausiahnya Habib Jafar menekankan pentingnya umat islam menerima perbedaan dan mempraktekan toleransi dalam kehidupan sehari- hari, dan Habib yang populer di media sosial tersebut memberikan contoh langsung dengan menyebut kehadiran Muslim Uighur dari Xinjiang, yang menurutnya menjadi bukti kongkrit keberagaman wajah Islam di Dunia.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :    / @kompastvjawabarat  

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawa...

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x