Kompas TV regional sulawesi

Rumah Panggung Usia 200 tahun Bertiang Bengkok Jadi Destinasi Wisata

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 16:52 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

SELAYAR, KOMPAS.TV - Sebuah desa dikabupaten selayar Sulawesi Selatan menyimpan keunikan arsitektur hebat. Rumah panggung di desa itu dibangun dengan tiang kayu tua bengkok namun tahan dari terjangan badai. Desa inipun viral dan menjadi destinasi wisata budaya.

Selain wisata laut Kepulauan Selayar juga dikenal dengan desa dipegunungannya

Yang salah satunya kampung Toa Bitombang.tempat ini menjadi desa wisata budaya karena memiliki keunikan pada arsitektur rumah warga atau biasa disebut rumah tinggi. Terdapat 50 rumah tua yang terdiri dari rumah panggung bersejarah dan berdiri kokoh di atas tanah berbatu.

Para pemuka desa mengisahkan dahulu kalah masyarakat desa mencari pemukiman di area hutan. Hebatnya para leluhur desa Bitombang bisa membangun rumah dari tiang kayu bengkok yang diletakkan di atas batu. Jarak desa wisata ini sekitar 20 menit dari kecamatan bontobangun kabupaten kepulauan Selayar.

Kampung Toa Bitombang kini menarik perhatian wisatawan dan budayawan dari berbagai daerah. Sejumlah mahasiswa dari universitas ternama seperti universitas gajahmada dan universitas hasanuddin berkunjung untuk meneliti rumah tinggi Bitombang dan cara hidup masyakarat desa.

Warga kampung toa bitombang umumnya berprofesi sebagai petani.

Sejak menjadi desa wisata masyakarat desa bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari menjual oleh - oleh makanan khas seperti kue kenari dan kerajinan tangan.

#cagarbudaya
#tanahtoa
#destinasiwisata



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x