Kompas TV regional jawa timur

Uji Emisi Kendaraan Bermotor Gratis

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 21:25 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - UJi emisi kendaraan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, bekerjasama dengan salah satu bengkel ini dilakukan di Jalan Trunojoyo atau depan Stasiun Kota Malang.

Kendaraan roda empat baik berbahan bakar bensin maupun solar yang melintas di Jalan Trunojoyo maupun jalan Kertanegara oleh petugas dihentikan untuk dilakukan uji emisi gas buang kendaraan mereka. Setelah didata, petugas akan langsung melakukan uji emisi gas buang melalui knalpot mobil.

Menurut petugas, uji emisi ini juga untuk memastikan kendaraan yang jalan sudah layak, sehingga tidak mencemari lingkungan dan memastikan kualitas udara di Kota Malang masih bersih dari polusi.

Kita cek kendaraan di Malang ini seberapa tingkat gas buangnya Jadi kami melaporkan ke DLH untuk dijadikan," Kata Syams Ramadhan.

Sementara itu, pemilik kendaraan menyambut baik adanya uji emisi tersebut. Mereka terlihat antri untuk uji emisi kendaraannya. Masyarakat juga mengaku uji emisi ini selain untuk mengetahui kondisi kendaraan, mereka juga ikut menjaga kondisi lingkungan tetap bersih.

"Ya baiklah karena emisi ini kan menyangkut polusi udara sekarang kan kendaraan banyak paling tidak kita bisa melihat kualitas udara Kota Malang," ucap Doni.

Dalam uji emisi ini, jika ditemukan kendaraan yang tidak lolos uji maka petugas akan menyarakan pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan atau perbaikan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x