Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ganjar Wujudkan Mimpi Warga Banjarnegara Dapatkan Air Bersih

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 17:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyalurkan sejumlah bantuan untuk percepatan pengentasan kemiskinan. Dan kali ini, Ganjar membantu sistem penyediaan air minum (SPAM) ke masyarakat di Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Ratusan warga Desa Plumbungan pun antusias menyambut kedatangan  Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun warga Plumbungan harus menempuh jarak ratusan meter untuk bisa mendapatkan air bersih. Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah tahun 2023 senilai Rp 350 juta, telah mewujudkan impian warga untuk mudah mendapatkan air bersih.

Bahkan, kini air mengalir melalui pipa sampai di rumah warga masing-masing . Dan bantuan yang disalurkan di Desa Plumbungan ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk 80 kepala keluarga. Ganjar mengimbau, daerah kawasan hutan yang masih terdapat banyak sumber mata air untuk dapat dikonservasi. Sehingga sumber mata air tetap terus terjaga.

“Kan memang tidak ada air bersih, maka kita cari bagaimana itu bisa mandiri. Yang  pertama kali dicari adalah sumber mata air, seperti di desa ini ternyata 500 meter dari sini ada sumber mata air yang bagus sekali. Maka kemudian kita beri bantuan dari pemprov, kemudian kita tarik ke desa terus beberapa RW bisa mendapatkan air bersih. Sebelumnya kan masyarakat ngambil dari bawah, dengan ini harapannya air bersih bisa terjangkau dengan lebih bagus. Lagi – lagi saya minta untuk daerah hutan, dimana ada sumber mata air ya dikonservasi,” ucap Ganjar.

Warga Plumbungan saat ini merasa senang, setelah dibantu oleh Gubernur Jawa Tengah , Ganjar Pranowo, semua warga bisa menikmati air bersih kapan saja dan tanpa harus susah payah lagi mendapatkan air bersih.

 

#desaplumbungan #ganjarpranowo  #banjarnegara 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x