Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kebiasaan Unik, Warga Tidur Beralaskan Pasir di Sebuah Gubuk

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 16:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Kasrin dan Ramini begitu menikmati momen kebersamaan di sebuah gubuk yang disebut krompok. Meski mereka memiliki rumah permanen, namun mereka kerap berkumpul di krompok untuk sekedar beristirahat.

Sudah sejak 37 tahun lalu pasangan ini melakukan kebiasaan unik, tidur di atas pasir. Warga pesisir di Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah memercayai, tidur di atas pasir bisa membawa dampak positif bagi kesehatan. Pegal-pegal serta rematik tak pernah mereka rasakan.

Meski kebiasaan unik mulai ditinggalkan, namun tidak bagi Kasrin dan Ramini. Bahkan kebiasaan unik ini mulai diturunkan kepada anak cucu mereka.

“Sudah 37 tahun tidur di bawah ini, di pasir. Malam, siang, biasa saja tidur di sini, kalau ngantuk ya tidur di sini. Dipercaya sama warga sini sudah tahu semua. Tidur di sini menghilangkan penyakit. Di rumah ada kasur tapi tidak pernah terpakai,” ujar Kasrin.

“Tidurnya itu nyenyak ketimbang di atas kasur. Kadang kan punggung sakit, kalau di sini kan tidak,” ungkap Ramini.

Pasir yang digunakan sebagai alas tidur adalah pasir pantai yang sebelumnya sudah diayak sehingga dalam kondisi bersih. Meski belum ada penjelasan ilmiah terkait dampak kesehatan, namun kebiasaan unik ini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan warga Desa Kragan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

#pasir #krompok #rembang

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x