Kompas TV regional banten

Wali Kota Cilegon Ungkap Strategi Wujudkan Tempat Sehat demi Target Raih Predikat Ini

Kompas.tv - 26 Juli 2023, 02:15 WIB
wali-kota-cilegon-ungkap-strategi-wujudkan-tempat-sehat-demi-target-raih-predikat-ini
Untuk mewujudkan kota sehat, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian punya strateginya. Di antaranya, ia mempercepat penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) di Kota Cilegon, Banten. (Sumber: Dok Kompas TV / Suherdi)
Penulis : Deni Muliya | Editor : Vyara Lestari

CILEGON, KOMPAS.TV - Untuk mewujudkan kota sehat, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian punya strateginya. Di antaranya, ia mempercepat penanganan penyakit tuberkulosis (TBC) di Kota Cilegon, Banten.

“Kalau kita melihat industri, memang TBC menjadi poin terpenting penanganan percepatan, kami sudah menyiapkan semua akses untuk penanganan ini,” ujar Helldy kepada jurnalis Kompas TV Suherdi di Cilegon, Banten, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Warga Cilegon Antusias Sambut Gerakan Pangan Murah

Helldy memaparkan presentasi strategi menuju kabupaten/kota sehat itu bersama Ketua Penggerak Kota Cilegon Sehat, Hany Seviatry didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal ini merupakan bagian dari proses verifikasi lanjutan Kota Cilegon Sehat tingkat nasional tahun 2023, di mana Cilegon mewakili Provinsi Banten dalam penilaian kabupaten/kota sehat tingkat nasional.

“Saya sampaikan, untuk mencapai kabupaten/kota sehat kami memiliki tujuan terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, aman, nyaman, dan layak huni. Termasuk memiliki sasaran meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan individu, serta strategi meningkatkan pengelolaan kesehatan masyarakat dan individu menuju cakupan kesehatan semesta,” katanya.

Karena itu, di bidang layanan kesehatan masyarakat, Helldy menjadwalkan guna merealisasikan rumah sakit lima lantai di RSUD Cilegon pada tahun depan. 

“Jadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Cilegon dalam rangka menangani seluruh penyakit yang ada di Kota Cilegon, perlu diketahui bahwa kami sudah mem-planning diadakan di tahun depan, insyaallah terealisasi rumah sakit dengan lima lantai,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan, kabupaten/kota sehat merupakan proses menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Baik fisik, sosial, budaya, dan sekaligus meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan cara pemberdayaan.

"Tentunya untuk mewujudkan kabupaten/kota yang sehat tersebut kita harus selalu berkoordinasi dan bersinergi dalam supaya fungsi-fungsi dan potensi yang ada,” ungkapnya.


Sebelumnya, Kota Cilegon sudah meraih prestasi dalam bidang kesehatan. Hal ini ditandai dengan diraihnya penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat pada tahun lalu (2022), serta Universal Health Coverage award tahun 2023 ini.

"Kota Cilegon juga meraih penghargaan pada tahun 2023 dengan pembangunan pabrik pengolahan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat,” tuturnya.

Baca Juga: Tiru Caleg, Polisi di Cilegon Pasang Baliho Klaim Sebagai Inovasi Sampaikan Pesan Pelayanan

Ati menargetkan Kota Cilegon yang mewakili Provinsi Banten mendapatkan predikat Swasti Saba, yakni penghargaan yang diberikan setiap 2 tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program kabupaten/kota sehat.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x