Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kota Semarang Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Utama 2023

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 16:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengaku bangga akhirnya bisa meraih penghargaan ini. Raihan penghargaan ini berkat dukungan berbagai pihak jajarannya, lintas sektor hingga masyarakat, sebab tanpa keterlibatan berbagai pihak Kota Semarang tidak akan mendapatkan penghargaan ini.

Pihaknya akan terus berusaha mempertahankan raihan ini, bahkan Pemerintah Kota Semarang akan terus berupaya untuk meningkatkannya. Sejumlah kendala yang terjadi antara lain adanya iklan rokok, sejumlah kasus kekerasan yang melibatkan anak, hingga pernikahan anak.

Namun, Mbak Ita panggilan akrab Wali Kota Semarang mengaku, akan berusaha mengatasi sejumlah kendala dan hambatan tersebut, dan berusaha mengevaluasi serta identifikasi ruang bermain anak yang sudah berstandar.

“Nantinya kita untuk mempertahankan itu akan lebih sulit daripada mencapai. Kita harapkan di tahun ini, setelah mendapatkan penghargaan ini, kita tetap harus bisa mempertahankan 24 idikator yang harus selalu dipertahankan, bahkan harus naik. Tentu kalau mempertahankan itu akan lebih sulit, kita nanti akan selalu memonitor, kemudian menjalankan 24 indikator tersebut,” kata Mbak Ita.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati, mengatakan, gelaran ini sebagai bentuk apresiasi kepada kepala daerah dan juga penegak hukum yang selama ini mengawal kasus yang melibatkan anak. Dia berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi pemerintah daerah agar bisa berbuat lebih baik untuk anak.

“Sampai tahun 2023 ini satu pun belum mendapatkan peringkat yang tertinggi. Ini kan artinya masih banyak hal dalam pemenuhan hak anak di kabupaten/kota, tandanya ini masih menjadi PR untuk kita selesaikan,” jelas I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Belum adanya kabupaten/kota yang meraih kategori tertinggi penghargaan kota layak anak ini, membuktikan masih banyak pekerjaan rumah untuk pemenuhan dan perlindungan anak di Indonesia.

#kotalayakanak #mbakita #semarang



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.