Kompas TV regional jabodetabek

Link Download Jadwal KRL Jabodetabek 2023, Ada Penambahan Perjalanan per Hari

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 16:13 WIB
link-download-jadwal-krl-jabodetabek-2023-ada-penambahan-perjalanan-per-hari
Foto arsip. KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Berikut link download jadwal KRL Jabodetabek 2023. (Sumber: Dok. KAI Commuter )
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jadwal KRL Jabodetabek mengalami perubahan per 1 Juni 2023 karena adanya pergantian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023. Link download jadwal KRL Jabodetabek 2023 dapat ditemukan di akhir tulisan ini.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api.

Pedoman itu menunjukkan perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Jumlah perjalanan KRL saat ini pun bertambah dari 1.081 menjadi 1.133 perjalanan per hari.

Baca Juga: Anak Kereta Jangan Lupa! Mulai Besok 1 Juni Ada Perubahan Operasional KRL Jabodetabek

Berikut ini rincian jumlah perjalanan masing-masing rute:

  • Commuter Line Bogor: 420 perjalanan per hari 
  • Commuter Line Cikarang: 282 perjalanan per hari 
  • Commuter Line Rangkasbitung: 221 perjalanan per hari 
  • Commuter Line Tangerang: 124 perjalanan per hari 
  • Commuter Line Tanjung Priok: 86 perjalanan per hari 

Di luar itu, PT KAI Commuter (KCI) akan mengoperasikan feeder-feeder jika terjadi kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai. 

Penambahan perjalanan terjadi pada Commuter Line Bogor, pada lintas Depok-Manggarai/Jakarta Kota, KCI akan menambahan frekuensi perjalanan pada jam sibuk pagi mulai pukul 04.00-08.00 WIB yaitu sebanyak 2 perjalanan menjadi 50 perjalanan dengan headway 5 menit.

Sedangkan untuk perjalanan pada lintas Jakarta Kota-Nambo/Bogor pada jam sibuk sore mulai pukul 15.00-20.00 WIB, akan ditambah 1 perjalanan menjadi 52 perjalanan dengan headway rata-rata selama 5 menit.

Untuk mengantisipasi pengguna yang transit di Stasiun Manggarai ke arah Sudirman/Tanah Abang/Duri di jam sibuk pagi, KAI Commuter menambah 13 perjalanan pada lintas Manggarai-Kampung Bandan menjadi 33 perjalanan. 

Baca Juga: 3 Dampak Penerapan Gapeka 2023 terhadap KRL Jabodetabek Mulai 1 Juni

Sedangkan untuk pelayanan pengguna yang transit di Stasiun Manggarai dari arah Duri/Tanah Abang/Sudirman di jam sibuk sore, ditambah 17 perjalanan menjadi 40 perjalanan pada lintas Kampung Bandan-Manggarai. 

Dengan adanya penambahan jumlah perjalanan tersebut, jadwal KRL Jabodetabek menjadi berubah.

Untuk pelayanan Commuter Line Rangkasbitung, penyesuaian dilakukan dengan memperkecil rata-rata headway menjadi 15 menit pada lintas Rangkasbitung-Parungpanjang yang sebelumnya 19 menit dan pada lintas Parungpanjang-Serpong menjadi 12 menit yang sebelumnya 13 menit. 

Selain itu, KAI Commuter melakukan penyesuaian perjalanan Commuter Line Tanjung Priok dengan penambahan perjalanan dan memperkecil rata-rata headway menjadi 18 menit yang sebelumnya selama 20 menit.

Penyesuaian jadwal pemberangkatan di Stasiun Transit Kampung Bandan juga disesuaikan dengan jadwal perjalanan Commuter Line Cikarang.

Link Download Jadwal KRL Jabodetabek 2023

Jadwal KRL Jabodetabek 2023 dapat diunduh di laman KAI Commuter dengan mengeklik di sini.


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x