Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Aksi Heroik Masinis KA Brantas Selamatkan 626 Penumpang

Kompas.tv - 21 Juli 2023, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aksi heroik masinis bersama asisten masinis KA Brantas selamatkan 600 lebih penumpang mendapat simpati dari masyarakat. Pasalnya, dengan keterbatasan waktu, masinis dan asistennya berusaha mengintruksikan penumpang yang berada di gerbong eksekutif satu untuk dapat mundur ke gerbong belakang agar dapat menyelamatkan diri. Sementara masinis dan asistennya tetap bertahan di area lokomotif untuk mengendalikan laju kereta.

Sebelum semakin mendekati JPL km 6, masinis sempat mengurangi kecepatan saat berada di JPL km 7 perlintasan petak Jalan Jerakah-Semarang Poncol. Meskipun sudah ada upaya-upaya yang dilakukan, namun kecelakaan antara KA Brantas dengan truk trailer tidak dapat terhindarkan.

“Tindakan asisten masinis mempertahankan lokomotifnya, menjaga lokomotifnya hingga menjadi aman termasuk keselamatan dirinya, juga dia ingin menyelamatkan penumpang yang dibelakangnya yang ada, sekitar 626 penumpang kemarin,” terang Ixfan Hendri Wintoko, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang.

“Jadi tindakan yang dilakukan masinis yang pertama, yaitu menyelamatkan kondisi dirinya dan lokomotif yang dibawanya itu mungkin sudah sesuai SOP, terus kemudian dia memberitahukan kru yang ada di belakang, pelanggan yang berada di eksekutif satu juga suruh pergi,” lanjutnya.

Usai terjadi tabrakan dan ledakan yang menimbulkan kebakaran pada bagian lokomotif atau posisi depan, masinis dan asisten masinis berhasil keluar dari lokomotif dan menyelamatkan diri dengan menyusuri jembatan.

#kabrantas #masinis #tabrakan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x