Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Terdampak Zonasi dan Tidak Ada Kelas, 86 Siswa Belajar di Tenda

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 15:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - SMA Negeri 1 Karangnongko Kabupaten Klaten, Jawa Tengah memiliki dua kampus sebagai tempat belajar mengajar. Kampus satu berlokasi di Kecamatan Karangnongko dan kampus dua atau disebut juga kelas jauh meminjam dua ruang kelas di SD Negeri 1 Tlogowatu.

Kelas jauh selama ini menjadi solusi atas masalah penyediaan fasilitas pendidikan di daerah ini. Sejak tahun lalu, kampus dua digunakan untuk menampung para siswa yang terdampak sistem zonasi dari Kecamatan Kemalang maupun Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Boyolali. Di dua kecamatan berbatasan tersebut tidak terdapat SMA atau SMK negeri maupun swasta.

Namun tahun ajaran baru 2023 ini situasinya berbeda. Ruang kelas yang dipinjam dari SD Negeri 1 Tlogowatu tidak bisa menampung rombongan belajar baru yang berjumlah 86 siswa. Untuk sementara kegiatan belajar mengajar digelar di bawah tenda sambil menunggu kesiapan sarana dan prasarana di aula balai desa setempat.

“Kelas jauh ini diselenggarakan dalam rangka mewadahi anak – anak  usia sekolah yang tidak bisa tertampung di sekolah negeri. Karena di Kemalang tidak ada SLTA negeri maupun swasta, sehingga kita ditugaskan untuk melaksanakan pembelajaran kelas jauh, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak zonasi,” ucap Sriyono, Kepala SMA Negeri 1 Karangnongko.

Para orangtua siswa baru yang berasal dari Kabupaten Boyolali sedari awal tahu anaknya akan belajar di bawah tenda. Mereka bersyukur meski dalam situasi yang terbatas anak-anak akhirnya mendapat sekolah. Lokasi rumah yang terdampak sistem zonasi membuat anak mereka tidak bisa bersekolah di Kabupaten Boyolali.

“Karena di Boyolali terdampak zonasi, karena jauh banget untuk ke sekolah terdekat. Yang terdekatpun, zonasi masih belum masuk,” ucap Partini, orang tua siswa

Ruang kelas yang dipinjam dari SD Negeri 1 Tlogowatu saat ini digunakan oleh 30 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karangnongko. Pengadaan fasilitas untuk tempat belajar 86 siswa baru masih menunggu kebijakan pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk sementara karena memang kelas XI yang sudah kita sediakan, ada dua ruang milik SD Tlogowates 1. Untuk sementara nanti kita carikan tempat yang lebih layak, sambil menunggu kebijakan pemerintah baik Kabupaten maupun Provinsi untuk pengadaan gedungnya,” ucap Suprat selaku Kepala Desa Tlogowatu.

Saat ini total siswa di SMA Negeri 1 Karangnongko, dari kampus satu dan kampus dua berjumlah 1.188 siswa.

#zonasi #klaten #smanegeri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x