Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Warga Brebes Rayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah dengan Pawai Taaruf

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 06:39 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Beginilah peringatan malam Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ribuan warga yang sebagian anak-anak dan remaja tumpah ruah di jalan. Mereka mengikuti pawai taaruf untuk menyambut datangnya Tahun Baru Hijriyah.

 

Peserta pawai membawa obor dan lampion keliling kampung. Peserta pawai juga ada yang berperan sebagai hantu. Pawai taaruf keliling kampung ini menempuh jarak kurang lebih sejauh lima kilometer.

 

Pawai taaruf menjadi ajang silaturahmi warga sekaligus untuk merayakan Tahun Baru Islam bagi umat Islam sehingga tidak kalah dengan perayaan Tahun Baru Masehi. Apalagi, tradisi ini sudah turun-temurun dilakukan sejak puluhan tahun silam.

 

Meski sejumlah anak-anak nampak lelah setelah berjalan kaki, namun mereka tetap semangat untuk melanjutkan pawai. Pawai taaruf ini menjadi agenda rutin setiap tahun pada malam jelang datangnya Tahun Baru Hijriyah. Namun, saat pandemi berlangsung, pawai tidak diadakan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x