Kompas TV regional berita daerah

Harga Telur dan Daging Ayam Meroket, Pedagang dan Konsumen Mengeluh

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 16:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sudah lebih dari sebulan harga komoditas telur ayam dan daging ayam potong meroket tak kunjung turun ke harga normal. Saat ini harga telur ayam di tingkat pedagang dan pengecer berkisar Rp 31.000 hingga Rp 32.000 per kilogram nya, dari harga normal Rp 27.500 per kilogram.

 

Para pedagang menyebut faktor kenaikan sudah menjadi tradisi tahunan, yakni karena tengah musim hajatan. Sementara pasokan dari distributor saat ini masih normal. Sejumlah pedagang mengaku bisa mendapatkan barang dagangan sesuai dengan permintaan, namun dengan harga tinggi.

 

Hal serupa juga terjadi pada komoditas daging ayam potong. Saat ini harga daging ayam potong di tingkat pedagang dan pengecer naik dari Rp 36.000 menjadi Rp 42.000 hingga Rp 44.000 per kilogram nya. Tak hanya pedagang, para konsumen seperti ibu rumah tangga dan penjual masakan maupun makanan berbahan dasar telur dan daging ayam juga mengeluh.

 

Dampak kenaikan harga telur dan daging ayam, pedagang mengaku kesulitan mencari keuntungan. Masyarakat berharap pemerintah segera menstabilkan harga agar tidak memberatkan kebutuhan sehari-hari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x