Kompas TV regional sumatra

Calon Anggota Bawaslu Aceh Jalani Tes Wawancara Tahap Akhir

Kompas.tv - 19 Juli 2023, 15:13 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Sebanyak 12 calon anggota Panwaslih kota Banda Aceh menjalani seleksi wawancara tahap akhir untuk menentukan tiga nama yang akan dilantik pada Agustus mendatang oleh Bawaslu RI.

Sebelumnya sebanyak 379 peserta  telah mendaftar sebagai calon anggota Panwaslih di zona satu yang meliputi enam kabupaten kota, yaitu Banda Aceh, Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya dan Aceh Jaya.

Mereka yang berhasil lulus di tahap seleksi wawacara dan kesehatan ini sudah melewati beberapa tahapan, mulai dari penyeleksian berkas administrasi, tes tulis computer assisted test yang dilaksanakan oleh BKN Regional Aceh, serta tes psikologi yang dilakukan oleh Polda Aceh.

Adapun mekanisme penilaian di input dalam satu sistem terintegrasi yang disediakan oleh Bawaslu RI sehingga proses seleksi dilakukan secara transparansi dan akurat.

Sementara itu tim seleksi zona satu juga berwenang secara legalitas untuk menentukan nama-nama calon anggota panwaslih kabupaten kota yang berhasil lulus dalam tahapan seleksi wawancara, kemudian hasil itu akan diplenokan untuk menentukan nama-nama peserta yang akan dikirimkan ke Bawaslu RI agar ditetapkan sebagai anggota panwaslih sesuai dengan jumlah kuota di masing-masing kabupaten kota di Aceh.

Peserta yang mendaftar menjadi calon anggota Panwaslih pun beragam, mulai dari profesi dokter, psikolog, ahli hukum, akademisi serta praktisi, bahkan ada beberapa petahana yang juga mencalonkan diri dan berhasil lulus hingga tahap wawancara akhir.

Sebelum dilaksanakan tahapan wawancara, tim seleksi melakukan verifikasi faktual dilapangan untuk menerima masukan dan aduan dari masyarakat terhadap calon peserta yang sudah lulus hingga tahap wawancara itu. Mereka meminta kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi soal kepribadian, karakter serta kepemimpinan calon anggota Panwaslih itu.

Tak kurang dari seribu peserta telah mendaftar menjadi calon anggota Panwaslih di Aceh, seperti zona satu yang mendaftar sebanyak 379 orang, zona dua 325 orang, zona tiga 298 orang, dan zona empat sebanyak 252 orang yang mendaftar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x