Kompas TV regional papua maluku

206 Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut Siap Awaki Kapal Perang di Perbatasan Papua Maluku

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 17:35 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sebanyak 206 Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut Komando Armada III resmi dilantik. Setelah mengikuti program  pendidikan pertama Bintara dan pendidikan pertama Tamtama Tahun 2023.

Pelantikan 206 Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Laut Tahun 2023 ini berlangsung di Markas Komando Armada III, Sorong, Papua Barat Daya. Setelah dilantik para siswa ini siap awaki kapal perang di perbatasan Papua Maluku.

206  siswa terdiri dari 106  orang siswa dikmaba dan 100 orang siswa dikmata. Para prajurit TNI AL baru ini sebelum menyandang pangkat sersan dua  dan kelasi dua, telah menerima materi dasar selama 3 bulan. Sementara pendidikan dasar golongan diikuti selama 1 bulan, yang menitik beratkan pada pendalaman materi selama mengikuti dasar-dasar keprajuritan. 

Rangkaian acara pelantikan dimeriahkan dengan berbagai atraksi oleh siswa dikmaba dan dikmata satdik 3 Sorong antara lain, tari tobe, kolone senjata, senam balok dan perahu karet, sparko, beladiri militer, river crossing dan demo pembebasan sandera.

Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan, keberadaan satdik-3 ini dalam rangka pemenuhan personel TNI AL untuk mengawaki kapal perang di jajaran Koarmada III, maupun pangkalan-pangkalan TNI AL di perbatasan dan pulau terluar wilayah Ambon dan Papua. Hal ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pembangunan sdm yang profesional dan unggul.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x