Kompas TV regional berita daerah

Kebun Tembakau di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Cocok untuk Kemloko Tiga dan Empat

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 10:49 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Inilah hamparan kebun tembakau yang ada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Jenis tembakau yang cocok ditanam disini adalah Kemloko tiga dan empat yang dipanen lima bulan sekali.

 

Para petani tembakau sengaja menanam Kemloko tiga dan empat karena kondisi tanah di Kecamatan Petungkriyono cocok. Selain itu, tembakau Kemloko tiga dari Petungkriyono lebih harum dibanding tembakau jenis lain.

 

Mereka sudah menanam tembakau di Kecamatan Petung sejak tahun 2029 silam. Dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Pertanian, para petani mendapatkan bantuan berupa bibit sampai mesin pengolahan tembakau. Namun petani mengaku saat ini mereka kesulitan memasarkan hasil panennya keluar Kabupaten Pekalongan.

 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Pertanian menyebut sudah ada 50 hektar lahan kebun tembakau di wilayahnya. Kebun itu tersebar di wilayah Kecamatan Petungkriyono, Lebakbarang dan Paninggaran. Pemerintah terus membantu para petani sampai dengan panen dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau.

 

Dinas Pertanian Kabupaten Pekalongan saat ini sedang mewacanakan perluasan lahan tembakau terutama agar bisa ditanam di area pesisir pantai. Pemerintah Kabupaten Pekalongan sedang meneliti jenis tembakau apa yang cocok di Pantura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x