Kompas TV regional papua maluku

Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah Papua Pegunungan, Pemprov Gelar Bimtek Bagi ASN

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 20:06 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan menggelar bimbingan teknis penata usaha keuangan, Tahun anggaran 2023 bagi 92 orang ASN bagian bendahara hingga bendahara pembantu di lingkungan organisasi perangkat daerah setempat.

Bimtek yang berlangsung  di Jayapura selama tiga hari, akan berfokus pada penggunaan aplikasi financial management information system (FIMS) yang merupakan aplikasi berbasis web, yang dikembangkan oleh BPKP untuk memfasilitasi pengelolaan keuangan daerah, mulai dari perencanaan hingga pelaporan dan akuntabilitas kinerja.

Sekretaris daerah Provinsi Papua Pegunungan, Sumule Tumbo mengatakan, bimtek yang digelar 3 hari diharapkan mampu mewujudkan pengelolaan keuangan daerah lebih tertib, taat peraturan perundangan efektif, efisien dan transparan.

Sementara itu kepala keuangan dan aset daerah Pemprov Papua Pegunungan, Subhan menjelaskan sebagai salah satu Provinsi Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua, masih perlu pembinaan terutama bendahara pada masing-masing OPD, sehingga fokus pada pelaporan dan penatausahaan dalam pemanfaatan aplikasi fims dibawah komando BPKP.

Dalam kesempatan itu juga kepala BPKP perwakilan Provinsi Papua, Tri Wibowo Aji yang hadir dalam kegiatan itu menjelaskan bimtek menjadi salah satu cara Pemprov Papua Pegunungan menjadikan penatausahaan terkelola dengan baik sampai menjadi laporan keuangan yang akuntabel.

Diharapkan seluruh peserta bimtek tersebut mampu dalam penerapan aplikasi FIMS sebab bimtek ini juga menjadi usaha dari Pj Gubernur dan sekda menjadikan Pemprov Papua Pegunungan sejajar dengan provinsi lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x