Kompas TV regional berita daerah

Pesona Curug Bibijilan, 7 Air Terjun Di Satu Kawasan

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Jika anda sedang berkunjung ke Wilayah Kabupaten Sukabumi, alangkah baiknya bisa sambil liburan dan mengunjungi destinasi wisata bernama Curug 7 Bibijilan. Tempat ini merupakan wisata alam yang berada di kampung lebak nangka, desa kerta angsana, Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yang menyajikan sejumlah air terjun nan eksotik, serta masih jernih yang belum terjamah oleh banyak orang. Wisata air terjun ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat terdekat karena berbeda dengan wisata air terjun lainnya. Hanya dengan tiket masuk 10 ribu rupiah saja, 7 buah air terjun bisa dilihat dan dinikmati oleh para pengunjung dalam satu kawasan. 

Dari awal datang anda akan menuruni puluhan anak tangga untuk menuju air terjun pertama bernama curug leuwi malang. Dimana dicurug pertama ini selain aliran air terjun, andapun akan melihat semburan air yang keluar dari sejumlah kompaan di beberapa anak tangga, yang bisa menembak ke badan dan sekitaran anda. Di curug pertama inipun anda bisa berenang di kubangan sungai, dibawah air terjun dengan air yang jernih dan menyejukan. Jangan khawatir kedalaman sungai ini hanya satu meter, jadi selain orang dewasa anak anak pun bisa berenang di lokasi ini. 

Setelah itu andapun bisa menyusuri ke tempat lain, hingga 7 air terjun lainnya, dengan menuruni jalan setapak. Ada satu air terjun yang paling tinggi yaitu di air terjun ke 4 bernama air terjun dadali, atau curug dadali. Di lokasi ini anda tidak bisa berenang karena kondisi lokasi yang curam, namun di air terjun ke 4 ini menjadi icon wisata curug 7 bibijilan. dimana air terjun ke empat ini memiliki ketinggian 160 meter dengan bebatuan alam yang putih kecoklatan. Namun harus diperhatikan, perlu kehati hatian penuh untuk menuju lokasi curug ke 4 ini.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Pengelola Wisata, bahwa air terjun ini masuk dalam kawasan Perhutani. Dimana sebenarnya ada 13 air terjun di kawasan ini, namun yang bisa diakses hanya 7 air terjun. Yaitu pertama air terjun bernama Leuwi Malang, air terjun, Pariuk, air terjun Gadong, dan air terjun Dadali yang memiliki beberapa umpakan. selain air terjun sejumlah gazebo dan warung jajanan bisa di nikmati dalam satu kawasan saat pertama memasuki wisata ini. biasanya lokasi wisata ini ramai dihari libur, dan dikunjungi sejumlah wisatawan di luar kota.

Yang harus diingat oleh wisatawan saat mengunjungi lokasi ini, perlu kehati hatian penuh saat menuruni anak tangga saat menuju kebeberapa air terjun yang berada paling bawah, karena akses jalan yang belum bagus dan kondisi kontur tanah yang curam. namun semuanya akan terbayar dengan alam yang masih alami.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x