Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Isi Liburan, Remaja Belgia Bantu Warga Renovasi Gedung PAUD

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 19:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Sebanyak 10 orang remaja asal Negara Belgia, yang tengah menikmati liburan musim panas, di kawasan Baturraden, membantu sejumlah warga merenovasi bangunan gedung PAUD di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Mulai dari mengayak pasir, menyemen tembok, memasang plafon, hingga memasang lantai keramik.

Kegiatan ini dilakukan oleh remaja asal Belgia sebagai kegiatan sosial mengisi liburan musim panas. Salah seorang remaja Belgia mengatakan, bahwa bekerja bersama dengan warga setempat merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan, dan menjadi hal baru untuk mereka. Mengerjakan bangunan, begitu juga sebaliknya, warga juga belajar sesuatu dari mereka.

"We arived here the third of July, so we’re here for six days now, and we stay until the 23rd. So far is lovely, Indonesia is beautiful, we love staying here, the people are very nice and generous, friendly, and the nature is beautiful. It’s an experience, we learn from them,  they learn from us, and I think it’s lovely to work with them, we learn a lot,” ujar Janie, warga Belgia

(Kami tiba di sini tanggal 3 Juli, kami di sini selama enam hari sekarang, dan kami tinggal sampai tanggal 23. Sejauh ini indah, Indonesia itu indah, kami senang tinggal di sini, orang-orangnya sangat baik, ramah, dan alamnya indah.  Ini adalah sebuah pengalaman, kami belajar dari mereka, mereka belajar dari kami. Menurut saya menyenangkan bekerja dengan mereka, kami belajar banyak.)

Warga merasa senang kehadiran para remaja asal Belgia yang membantu merenovasi gedung PAUD. Selain itu warga juga bisa memperkenalkan budaya dan makanan Indonesia.

“Mereka ber-10 datang dari Belgia, mereka sedang berlibur atau lebih dikenalnya summer camp, liburan akhir musim panas, tapi kebetulan di Batturaden ada beberapa kegiatan yang bisa diikuti sama mereka karena kita juga bekerja sama dengan yayasan di LN maupun yang dari Belanda dan Belgia untuk menyelesaikan pembangunan PAUS PAUD di Karangsalam dan mereka pun berbaur dengan masyarakat, bergotong royong dengan masyarakat,” ungkap Tekad Santoso, Warga Kecamatan Baturraden.

“Mereka itu bisa mengerjakan apa yang dikerjakan masyarakat lokal. Kalau misalkan ngaduk semen, ngayak pasir, pasang plafon, pasang keramik, nembok pun mereka mampu. Mereka bisa karena mereka memiliki keinginan tinggi untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan wisata mereka di sini,” lanjutnya.

Para remaja Belgia ini berada di Indonesia sejak 3 Juli hingga 23 Juli mendatang. Selama di Indonesia mereka bisa berwisata di sekitar Kabupaten Banyumas dan sekitarnya seperti Dieng maupun Yogyakarta dan wilayah lainnya. Sementara pada akhir pekan, mereka akan melakukan pekerjaan sosial dan berbaur dengan masyarakat.

#baturraden #remajabelgia #gotongroyong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x