Kompas TV regional sumatra

Alami Dua Kali Aktivitas Gempa yang Dirasakan

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 15:01 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - BMKG Stasiun Geofisika, Mata Ie Aceh Besar mencatat ada dua kejadian gempa yang dirasakan oleh sebagian kabupaten, kota di Aceh. 

Ada dua kejadian gempa yang dirasakan oleh masyarakat aceh kemarin, yaitu berpusat di barat daya Banda Aceh, dan Meulaboh Aceh Barat. Ini terjadi pada Minggu malam dan Senin pagi.

Untuk gempa yang terjadi di barat daya Banda Aceh dengan Magnitudo 5,5 dirasakan oleh Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Calang, serta Kota Sabang. Sedangkan gempa yang terjadi di wilayah barat daya Meulaboh dengan magnitudo 5,2 dirasakan oleh kabupaten Meulaboh, Calang, Kota Banda Aceh, Pidie dan Aceh Tengah. 

Berdasarkan analisis, tidak ada fenomena gempa pendahuluan dari dua kejadian gempa itu, sehingga disimpulkan terjadi secara tiba-tiba. Padahal kota Banda Aceh sudah lama tidak mengalami gempa yang dirasakan. 

Adapun penyebab gempa terjadi karena terakumulasinya aktivitas stress gempa dari lempengan yang berada di jalur gempa itu. Meski magnitudo getaran gempa yang dirasakan masuk dalam kategori kuat atau 5 MMI, namun belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa dari masyarakat.

Sementara itu tim BMKG Stasiun Geofisika  Aceh Besar setiap harinya menganalisis aktivitas gempa dengan skala ringan atau magnitudo dibawah angka tiga, yang biasanya terjadi di Aceh Tengah, Jantho dan Seulimum. Namun gempa itu tidak mempengaruhi aktivitas masyarakat serta daerah sumber gempa lainnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x