Kompas TV regional berita daerah

Pandawara Group & Ribuan Warga Bersihkan Pantai di Lampung

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 12:48 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Melalui akun media sosialnya, Pandawara Group kelompok remaja pemerhati lingkungan mengajak warga untuk ikut membersihkan Pantai Sukaraja sebagai pantai terkotor ke 2 se-Indonesia versi mereka yang berada di kawasan Jalan Ikan Selar Teluk Betung Bandar Lampung.

Alhasil dari ajakannya itu, Senin (10/7) pagi kemarin, ribuan warga berkumpul untuk ikut membersihkan dan mengangkat berbagai jenis sampah yang memenuhi bibir Pantai Sukaraja.

Baca Juga: Pencuri Tinggalkan Motornya usai Dipergoki Curi Motor

Meski sempat diguyur hujan, setiap anggota pandawara group beserta ribuan warga tetap semangat dan tidak mengurungkan niatnya untuk membersihkan pantai dari kotornya sampah yang kondisinya sudah terjadi sejak bertahun tahun lamanya.

"Urusan sampah itu urusan semua manusia yang masih hidup. Stop menyalahkan," ujar Gilang, perwakilan pandawara group.

Dalam aksi bersih-bersih Pantai Sukaraja, Pemerintah Kota Bandar Lampung bersama Satuan TNI Polri juga ikut turun ke lokasi dengan membawa sejumlah alat berat untuk mempermudah proses pembersihan.

Walikota Eva Dwiana menyebut kondisi kotornya Pantai Sukaraja dan kawasan pesisir lainnya di Lampung menjadi kewenangan atau tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun untuk kebersihannya Eva mengajak tetap harus menjadi perhatian bersama.

Eva juga menyebut sudah kerap melakukan aksi pembersihkan pantai di beberapa lokasi di Bandar Lampung, namun sampah-sampah masih terus menumpuk karena terbawa arus yang datang dari luar daerah.

"Harapan kita dari pemerintah pusat dan provinsi memberikan jalan keluar seperti apa yang harus kita lakukan supaya penanganan sampah di pesisir pantai ini bisa kita jalani bersama karena ada bulan-bulannya," ujar Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana.

Dari data yang di unggah di media sosial pandawara gruoup, ada sekitar 3.700 warga yang ikut dalam aksi pembersihan sampah di Pantai Sukaraja Bandar Lampung dan mampu mengangkat sampah sekitar 300 ton yang selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir bakung.

Dengan aksi ini tentu diharapkan dapat menjadi penggerak masyarakat Lampung untuk terus menjaga kondisi kebersihan pantai.

#pandawara #pantaisukaraja #lampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x