Kompas TV regional sulawesi

Pulang Haji, Warga Bertabur Perhiasan Emas

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 16:13 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Berbagai cara dilakukan jemaah haji saat tiba di tanah air. Salah satunya dengan mengenakan pakaian khas bugis-makassar hingga perhiasan dari emas. Selain sebagai ungkapan rasa syukur selepas menunaikan ibadah haji. Pakaian khas bugis makassar juga kerap digunakan jamaah asal sulawesi selatan.

Seperti inilah penampilan para jemaah haji debarkasi makassar. Sulawesi selatan. Saat tiba di tanah air. Setelah menunaikan ibadah haji. Ungkapan rasa syukur. Haru. Dan bahagia terpancar di wajah para jemaah yang kembali  akan bertemu kerabat dan keluarga. Salah seorang jemaah haji bahkan mengenakan busana khas bugis-makassar beserta perhiasan emas yang bernilai ratusan juta rupiah.

Adalah suarnati daeng kanang. Jemaah haji asal makassar ini menunjukkan perhiasan emas berupa kalung dan gelang yang mencolok. Emas yang dikenakan sebanyak 180 gram ini tidak semua dari tanah suci. Sebagian dibawa saat berangkat ke tanah suci.emas yang dibeli di tanah suci untuk memenuhi nazar dan ada kepuasan tersendiri.

Sebelum menunaikan ibadah haji. Suarnati harus sabar menunggu daftar antrian pemberangkatan haji selama 13 tahun.


#jemaahhaji
#mentereng
#beacukai



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x