Kompas TV regional sumatra

Stok Darah Terbatas Warga Diminta Donor

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Jumlah ketersediaan darah di bank darah PMI Kota Banda Aceh saat ini terbatas, terutama untuk kebutuhan darah trombosit dan PRC atau Packed Red Cell. PRC digunakan untuk kebutuhan pasien thalasemia sedangkan trombosit untuk pasien operasi dan pasien terkena DBD.

Setiap harinya PMI Kota Banda Aceh harus menyediakan sedikitnya 400 kantong darah yang akan dibagikan sesuai dengan permintaan kebutuhan rumah sakit umum maupun swasta di Banda Aceh, seperti Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin meminta 150 kantong darah setiap harinya, begitu juga dengan Rumah Sakit Ibu Dan Anak, Harapan Bunda serta sejumlah rumah sakit swasta maupun klinik kesehatan di Banda Aceh.

Selain itu PMI Kota Banda Aceh juga harus memenuhi permintaan darah dari Aceh Besar dan Aceh Jaya walaupun darah itu tidak dikirimkan setiap hari. Mereka hanya meminta disaat ada kondisi darurat.

Adapun upaya yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh memastikan stok darah cukup yaitu dengan melakukan strategi jemput bola donor darah di sekolah, fasilitas umum, maupun lingkungan perkantoran pemerintah Aceh. Kegiatan donor darah terus dilakukan secara bergilir.

Sementara itu petugas PMI juga rutin mengajak pendonor tetap untuk melakukan donor darah terutama untuk pasien thalasemia maupun pasien darurat lainnya.

PMI Kota Banda aceh terus mengajak warga agar mau melakukan donor darah rutin, sehingga dapat membantu nyawa pasien, karena jika menunggu donor dari anggota keluarga tidak akan cukup memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit setiap harinya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x