Kompas TV regional berita daerah

Petani Muda Mendolo dan Komunitas Pengamat Burung Berpatroli di Hutan Lebakbarang

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 11:34 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah anggota Paguyuban Petani Muda Mendolo, yang juga berasal dari Komunitas Pengamat Burung Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan, hampir setiap hari berpatroli di hutan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi adanya pemburu burung di hutan di sekitar desa.

 

Mereka juga bertugas melakukan pengamatan burung yang ada di hutan Kecamatan Lebakbarang. Tidak henti-hentinya, kepala mereka mendongak ke atas untuk mengamati burung yang ada di pohon.

 

Dari data pengamat burung, banyak jenis-jenis burung langka yang masih ada, seperti Elang Jawa, Cekakak Batu, Sempur, Tengkek Udang, Paok, dan lainnya. Total pengamatan burung dari tahun 2019 terdapat 75 jenis yang masih ada di hutan.

 

Komunitas ini dibentuk juga untuk menjaga ekosistemnya agar tidak diburu dan tetap lestari. Meski berstatus relawan, namun pekerjaan mengamati dan menjaga burung ikhlas mereka jalani.

 

Mereka berharap masyarakat sadar agar tidak memburu burung yang ada di hutan demi kelestarian dan keberlanjutan ekosistem alam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x