Kompas TV regional berita daerah

SDN Wonodri Kota Semarang Perpanjang Durasi Pendaftaran Murid Baru

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 11:24 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Wilayah zonasi SDN Wonodri, Kota Semarang, mencakup 4 kelurahan diantaranya adalah Kelurahan Wonodri, Kelurahan Pleburan, Kelurahan Peterongan, dan Kelurahan Karang Kidul.

 

Kepala Sekolah SDN Wonodri menyebut, wilayah di sekitar SDN Wonodri merupakan wilayah dengan perkembangan penduduk yang tidak produktif untuk menghasilkan anak karena berada di tengah kota yang sebagian besar pemukiman penduduknya merupakan bangunan kos dan rumah sewa. Sehingga dampak penerapan kebijakan zonasi ini berpengaruh terhadap jumlah murid yang mendaftar di SDN Wonodri, Kota Semarang.

 

Selain karena faktor zonasi, sekolah dasar negeri dan swasta di sekitar cakupan wilayah SDN Wonodri juga termasuk banyak. Ini menjadi faktor lain yang dihadapi.

 

Upaya sekolah untuk meningkatkan jumlah pendaftar murid sudah dilakukan, seperti promosi online maupun offline, namun pendaftar yang masuk hanya 10 murid saja. Sehingga kebijakan SDN Wonodri saat ini adalah memperpanjang durasi pendaftaran murid baru hingga pada tanggal 17 Juli 2023 nanti, yaitu pada saat hari pertama masuk sekolah.

 

Selain itu, Kepala Sekolah SDN Wonodri juga menyampaikan belum ada wacana dari Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk upaya merger atau upaya penggabungan dengan sekolah lain. Sementara untuk keseluruhan jumlah siswa di SDN Wonodri sendiri, hanya 96 murid, terhitung dari kelas 1 hingga kelas 6 SD, dengan masing-masing kelas tidak sampai 20 orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x